Powered By Blogger

Minggu, 24 Juni 2012

Tips dan Trick mencari di Google


Tips dan trick google search
Cara efektif mencari dengan google search untuk mendapatkan hasil temuan yang spesifik

Google adalah search engine paling populer di dunia. Hampir semua pengguna internet yang mencari informasi dengan menggunakan mesin pencari mengenal Google Search. Tapi kadang kita sering tidak mendapatkan temuan yang spesifik seperti yang diinginkan ketika mencari dengan search engine terkaya ini. Berikut tips dan trick singkat tentang cara mencari dengan google search untuk mendapatkan temuan yang kita inginkan/spesifik.

    * Perlu diketahui bahwa Google Search tidak "case sensitive". Artinya baik huruf besar maupun kecil akan menghasilkan temuan yang sama. Contoh, mencari dengan kata kunci "MENGHASILKAN UANG" dengan "menghasilkan uang" hasilnya sama.


    * Pencarian dengan operator adalah "case sensitive". Sebagai contoh mencari dengan operator OR seperti uang OR peluang berbeda dengan uang or peluang. Yang pertama menggunakan operator OR sedang yang kedua tidak. Anda juga bisa menggunakan operato | seperti uang | peluang.


    * Menggunakan operator + untuk memerintahkan Search Engine meng-include-kan kata atau frasa dalam pencarian yang dihubungkan dengan operator +. Seperti misalnya mencari dengan mengetikan cara+menghasilkan+uang.


    * Operator - bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kata atau frasa yang tidak diinginkan. Misalnya, mencari dengan mengetikan uang -pinjaman akan menghasilkan temuan mengandung kata uang tanpa diikuti kata pinjaman


    * Penggunaan tanda kutip ( " " ) memerintahkan Search Engine untuk tidak mengabaikan semua kata atau frasa di dalam tanda kutip. Misalnya Anda mencari dengan mengetikan "peluang usaha sampingan", maka Search Engine akan berusaha menemukan kalimat yang sama persis dalam sebuah halaman web. Jika tidak ditemukan, maka Anda akan menemui pesan bahwa halaman yang Anda cari tidak ada.


    * Menggunakan tanda ~ untuk mencari sinonim/padanan sebuah kata. Misal mencari padanan kata dengan mengetikan ~affiliate program.


    * Mencari dokumen spesifik dengan manambahkan filetype: setelah kata kunci. Misal, cari dengan mengetikan "menghasilkan uang" filetype:pdf untuk mencari dokumen pdf.

    * Mencari dengan menggunakan .. untuk menemukan rentang dari angka numerik seperti tahun. Misal cari dengan mengetikan american president 1945..1955.

    * Mencari definisi sebuah kata dengan menggunakan perintah define:. Misal cari definisi dengan mengetikan define:affiliate.


    * Menggunakan Google sebagai mesin untuk menghitung cepat menggunakan operator *. Misal, ketikan untuk menghitung hasil dari 12,567*123.56 di google search. Maka Anda akan menemukan hasilnya seperti menggunakan kalkulator saja.



Selamat mencoba dan have fun with Google Search.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar